Tentang

Sistem Informasi Kamtibmas Terpadu ( SIKAT ) diresmikan Oleh Bupati Bekasi Bapak Drs. Sadudin & Kapolres Kabupaten Bekasi AKBP Yan Fitri pada Jum’at (29/8/08). Peresmian ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pemusnahan MIRAS dan NARKOBA di halaman Mapolres Kabupaten Bekasi.

Kehadiran Sikat merupakan salah satu bentuk penerapan perpolisian masyarakat atau yang dikenal dengan polmas. Tujuan Penerapan Polmas ini adalah agar terwujudnya kerjasama polisi dan masyarakat lokal (komunitas) untuk menanggulangi kejahatan dan ketidak-tertiban sosial dalam rangka menciptakan ketrenteraman umum dalam kehidupan masyarakat setempat, tidak hanya mencegah timbulnya tetapi juga mencari jalan keluar pemecahan permasalahan yang dapat menimbulkan gangguan dan berimplikasi terhadap keamanan dan ketertiban yang bersumber dari komunitas itu sendiri.

Mengacu kepada Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Polri bahwa yang dimaksud dengan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai dengan terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta pengembangan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkap, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.
Kepada Anggota SIKAT yang memiliki artikel yang menarik dan tentunya berkaitan dengan WEB SIKAT silahkan kirim artikel anda ke admin SIKAT.or.id

surat keputusan 2