Pertengahan September KRL beroperasi sampai Cikarang

Pertengahan September KRL beroperasi sampai Cikarang

URBANCIKARANG.COM, Cikarang – Rencananya pengoperasian Kereta Listrik (KRL) sampai Cikarang dilaksanakan pertengahan September, Kementerian Perhubungan menyebutkan persisnya pengoperasian KRL Jakarta Kota-Cikarang akan beroperasi 17 September 2017.

Seperti diungkapkan Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam diskusi di Jakarta (18/08) yang dilansir Antaranews mengatakan, KRL Jakarta Kota – Cikarang akan mulai beroperasi pada 17 September 2017.

“Rencana kita 17 September KRL sudah beroperasi membawa penumpang” terangnya.

Sementara Detikcom melansir, Zulfikri menambahkan, dalam pengoperasian bulan depan, ada dua peron stasiun yang belum selesai, yaitu Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang. Dua stasiun tersebut nantinya akan dilengkapi dengan stasiun temporer. Zulfikri menuturkan, untuk dua stasiun baru yakni Bekasi Timur dan Cibitung telah bisa dioperasikan secara penuh.

“Sebenarnya buat pelayanan Stasiun Cikarang sudah bisa, tetapi cuma peron saja yang belum tinggi. Jadi nanti kita pasang peron temporer. Pengoperasian KRL ini juga menunggu persetujuan keselamatan dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api. Persetujuan itu didapat setelah peron selesai. Sehingga, diharapkan pada 17 September bisa dioperasikan,” ujar dia.

Dari Jakarta Kota, KRL menuju Cikarang akan melewati Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir (tidak berhenti), Gondangdia, Cikini, dan Manggarai. Manggarai merupakan stasiun transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan KRL rute lainnya.

Dari Manggarai, KRL berlanjut melewati Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, dan Bekasi. Dari Bekasi, ada 3 stasiun yang akan dilewati sebelum mencapai Cikarang. Stasiun tersebut adalah Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung.

Sebelum ada KRL ini, warga Cikarang yang ingin ke Jakarta masih dilayani Kereta Api berjadwal Jakarta Kota-Purwakarta dengan tarif Rp 5.000-6.000 sekali jalan. Karena keretanya ‘menumpang’, jadwalnya pun mengikuti jadwal kereta api tersebut. Sehingga sulit mencocokkan antara jadwal kereta dengan jam pulang kerja.

Sebelumnya pada 28 Juli 2017 Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) sudah menguji coba jalur KRL Bekasi-Cikarang. Dengan adanya KRL ini, warga Cikarang yang bekerja di Jakarta akan lebih terbantu.