ANDA LENGAH ??…WASPADA PENJAHAT MENGINTAI

Bekasi 10/06/2017 – Berita kriminal setiap saat bermunculan di berbagai media. Nyaris tak ada wilayah yang benar-benar bebas dari aksi kejahatan. Perampokan, pembunuhan, atau pencurian terus terjadi, bahkan kejahatan pun telah marak di sekitar lingkungan kita.

Salah satu contoh berita pembobolan yang menimpa salah satu warga Perum. Mega Regency Blok A Desa Sukasari, kecamatan Serang Baru . Pemilik rumah setibanya dari pulang kampung (Jumat 09/06 jam 23.30) menemukan keadaan rumahnya sudah dalam keadaan pintu terbuka, lemari pakaian diacak – acak, dan beberapa barang berharga raib diambil orang tidak bertanggung jawab.

Pintu dibobol pelaku

Kebanyakan kita selalu berpikir positif kalau peristiwa tersebut tak akan terjadi kepada kita. Tidak salah memiliki sikap optimis, namun jika suatu ketika ada saat Anda harus melindungi diri dari kejahatan, terutama pencurian dan pembobolan rumah, jauh lebih baik bersiap daripada menyesal kemudian. Penjahat akan terus-menerus beradaptasi untuk bisa beraksi dan lolos dari penegakan hukum. Karenanya, kita harus lebih pintar dari mereka. Tentu kita tidak ingin saat pulang melihat rumah kita habis digasak maling.

Berikut tips agar rumah tetap aman selama anda meninggalkan rumah:

1. Rapikan dan bersihkan rumah sejak beberapa hari sebelum berangkat. Buang semua sampah agar rumah tetap bersih dan tidak menimbulkan bau tak sedap.
2. Lepaskan selang dan regulator kompor gas dari tabungnya untuk mengantisipasi kebocoran gas.
3. Matikan alat listrik yang ada di dalam rumah seperti lampu kamar, lemari es, komputer dan peralatan lainnya. Nyalakan lampu teras depan atau samping saja, untuk menandakan seolah-olah ada yang menunggu rumah di malam hari, juga untuk memudahkan pemantauan penjaga lingkungan rumah Anda.
4. Beritahukan rencana keberangkatan Anda ke tetangga, ketua RT, dan petugas keamanan di lingkungan, minta bantuan mereka menitipkan rumah anda selama liburan.
5. Bila memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, perlu Anda titipkan ke tempat penitipan hewan agar tetap terurus dan terawat selama Anda bepergian.

Ingat pesan bang Napi : “KEJAHATAN TERJADI BUKAN KARENA NIAT PELAKUNYA, TAPI KARENA ADA KESEMPATAN…WASPADALAH !!

(I. Kurnia – Sikat 122.41)