MUTIARA RAMADHAN

Oleh : Ir. H. Sutopoh, MM

KEMATIAN

Tahukah anda bahwa setiap hari malaikat Izroil yang bertugas mencabut nyawa dalam sehari mengunjungi kita sebanyak 70 kali ? artinya sekitar 21 menit sekali malaikat izroil mengunjungi kita……

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelakketawa. Maka berkata Izrail: ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa.

Bulan Ramadhan adalah bulan Cinta Allah terhadap umatnya maka   Introspeksi diri adalah kesempatan kita untuk memperbaiki diri kita , melihat kedalam , untuk menembus masa depan kehidupan Dunia dan Akhirat .

MAKNA KEHIDUPAN

Menapaki kehidupan yang penuh dinamika kita tak pernah luput dari dosa-dosa, kemuliaan dari seseorang bukanlah dari apa yang dilihat oleh manusia belaka tapi nilai keikhlasan dan keistiqomahan sebuah tindakan yang membuat manusia menjadi mulia dihadapan sang Pencipta. Manusia tidak luput dari salah dan dosa, dosa kepada sesama manusia, dosa kepada orang tua kita, dosa kepada istri / suami, dosa kepada guru dan lainnya namun Yakinlah bahwa Allah Maha Pemberi Taubat, sebagaimana tersurat dalam Surat Al Baqarah ayat 222 :

 “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

 BULAN PUASA

 Bulan Puasa adalah saat mensucikan diri, mari kita banyak banyak melihat ke dalam diri kita ,saatnya menyatukan hati, jiwa dan raga kita dengan meningkatkan dan mengelola  Empati dan Manajemen qolbu ,perbanyak mengingat ALLAH , mengarungi petunjuk hidup AL QURAN, mengkaji serta mencari HIKMAHnya.Pencapaian kehidupan akhirat ditata ketika kita hidup di dunia ini……

Bulan puasa saatnya kita berlomba menabung kebaikan , menabung amal, menyiapkan bangunan Syurga dan yang paling dekat adalah menghadapi kematian kita….Siapkah kita menghadapi kematian ….. siapkah kita mempertanggungjawabkan semua tindakan kita ? Dikutip dari syair Taufik Ismail dengan referensi Surah Yasiin : Akan datang hari , mulut dikunci, kata tak ada lagi………akan tiba masa tak ada suara dari mulut kita,,,Berkata tangan kita tentang apa yang dilakukannya …Berkata kaki kita kemana saja dia melangkah Tidak tahu kita bila harinya tanggung jawab kita

Ya Rabana …

Tangan kami……….Kaki kami……Mulut kami…… mata hati kami luruskanlah  kukuhkanlah di jalan Cahaya sempurna

Mohon karunia kepada kami ….HambaMU yang hina 

Biografi Anggota Jajaran SIKAT Polresta Bekasi, Muda dan Bersemangat..

PhotoGrid_1434303873074-1[1]

Randy Ramadan “Sikat 6732″

SIKAT – Bekasi, Sistem Informasi Kamtibmas Terpadu (SIKAT) yang sudah berdiri sejak tanggal 29 Agustus 2008, telah melahirkan putra – putra bangsa yang tentunya selama kiprahnya sebagai mitra polri sudah memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat dan juga anggotanya sendiri.

Sebut saja namanya Randy Ramadan (22 tahun) atau panggilan sehari – harinya Randy yang memiliki callsign Sikat 6732, dan berdomisili di Perum. BCL Lemah Abang, Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Bergabung dengan ormas Sikat sudah 3 tahun sampai dengan sekarang dan suka duka yang dialami Bang Randy (sebutan di udara) sudah banyak memberikan arti hidup bagi dirinya maupun masyarakat sekitarnya.

Salah satu contoh kegiatan organisasi SIKAT yang menurutnya sangat berkesan adalah pada saat program Peduli Korban Bencana Alam (banjir) yang terjadi 2 tahun yang lalu diseputaran  perbatasan Karawang – Bekasi karena luapan sungai Citarum.  Bang Randy bersama rekan anggota lainnya saling bahu membahu mengumpulkan bantuan dari masyarakat untuk didistribusikan kepada korban banjir.

Selain aktif sebagai anggota Sikat yang berperan di wilayah Lemah Abang, bang Randy juga aktif sebagai anggota Pokdar Waluya & anggota Komunitas Byson Cikarang (BRIC). Di usianya yang masih tergolong muda terlihat semangat dan jiwa sosialnya sangat tinggi, hal ini terbukti keikutsertaannya sebagai petugas Ambulance yang digelutinya selama 1 tahun lebih dibawah naungan salah satu yayasan Ambulance di Cikarang.

Saat ini meskipun karirnya terikat sebagai salah satu petugas keamanan  (Security) untuk Bank Mandiri Syariah CFBC di seputaran Bekasi Selatan, namun mental dan tanggung jawab sebagai anggota Sikat Polresta Bekasi masih bisa dilakukannya dengan baik dan semangat. Bravo & sukses bang Randy, Bravo juga untuk SIKAT Polresta Bekasi.

122.41

Memeriahkan HUT Bhayangkara, Poskamling Perum. Graha Sukadami Terpilih Sebagai Peserta Lomba

IMG-20150609-WA0003

Proses penilaian lomba Siskamling oleh AKP Subadi dan Team

SUKADAMI – BEKASI, Senin (08/06) jam 00.15 warga dan pengurus RT dan RW 007  Perumahan Graha Sukadami kecamatan Cikarang Selatan, Bekasi. Kedatangan tamu dari Polres Bekasi yang bertindak sebagai team penilai karena salah satu pos Kamling yang berada di lingkungan Perumahan Graha Sukadami tepatnya RT 002 RW 007, terpilih sebagai obyek  yang diikutsertakan dalam Lomba Siskamling terbaik antar kecamatan di Kabupaten Bekasi yang mewakili desa Sukadami. Dan perlombaan ini diselenggarakan Polres Bekasi dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara pada tanggal 1 Juli mendatang.

Sedangkan tim penilai dari Polres Bekasi AKP Subadi (Kanit Binmas Polresta Bekasi) yang didampingi Iptu Widodo, Bimaspol Sukadami Bripda Tasio dan juga  didampingi kepala desa Sukadami Bpk. Mukmin Mukhtar. Tampak juga hadir beberapa pengurus RT dan pengurus RW yang diketuai bpk. Daryono dan juga dimeriahkan oleh rekan – rekan dari jajaran SIKAT Polresta Bekasi terutama jajaran 84 sektor Sukadami sebanyak 7 personil yang di koordinir oleh Kang Dedi (Sikat 84039 dan Mas Yoyo 84025) yang mana SIKAT sampai saat ini masih menjadi mitra terbaik polri untuk membantu beberapa kegiatan di wilayah Bekasi baik Kota maupun Kabupaten. Namun satu hal yang disayangkan oleh warga moment ini tidak dihadiri oleh pejabat dari kecamatan Cikarang Selatan.

Terlepas dari masalah itu, dari beberapa pertanyaan yang diajukan dapat dijawab oleh Ketua RW 007 bpk. Daryono dengan lengkap dan jelas. Di antara penilaian yang dilakukan adalah Pos Siskamling harus memiliki WC  dan Peta Bekasi, serta cara pengaturan ronda. Alhasil, tim penilai terlihat cukup puas dengan Pos Siskamling yang berada di RT 002 RW 007 Perumahan Graha Sukadami Cikarang Selatan.

122.41

 

PEDULI KASIH untuk ananda “ABIDZAR AL GHIFARI”

PhotoGrid_1432821574049-1

Ananda Abidzar Al Ghifari

BEKASI, Ananda Abidzar Al Ghifari usia 8 bulan anak dari pasangan bapak Gunantoro & ibu Asri Nurbaya yang beralamat di Perumahan Kota Mega Regency blok D22 no. 7 RT 097 RW 015 Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Bekasi 173304. Sejak usia 7 hari dari kelahirannya kulitnya kuning sampai dengan umur 1 bulan (September 2014).

Dengan profesi bapak Gunantoro sebagai salah satu karyawan swasta di salah satu pabrik di kawasan EJIP Bekasi, di bulan Oktober 2014 membawa Abidzar ke rumah sakit terdekat lalu dirujuk ke RS Hermina Bekasi Barat. Ditangani dokter spesialis ( Prof. Agus Firman ) ananda mendapatkan penanganan rawat jalan kurang lebih 3 minggu. Namun sakit kuning pada kulit dan mata belum juga ada perubahan, sehingga dilakukan USG Abdomen oleh dr. Wulandari dan hasil diagnosa ananda mengidap sakit Atresia Bilier.

Akhirnya dengan pertimbangan dokter di RS Hermina (Nopember 2014) diputuskan ananda Abidzar dirujuk ke RSCM yang memiliki alat pemeriksaan lebih lengkap dan dirawat 2 minggu. Ananda Abidzar diperbolehkan pulang setelah dilakukan biopsi hati dan diminta pihak RSCM untuk tetap rawat jalan sebulan sekali untuk control.

Pada bulan April 2015 saat itu rencananya mau control di RSCM tetapi malah masuk IGD dan sempat dirawat di ruang picu (ICU) anak selama 11 hari. Tanggal 12 Mei 2015 Abidzar dirawat di RSCM gedung A dan kondisinya sempat membaik / stabil namun kadang – kadang demam, batuk dan berat badan tergolong ke gizi buruk. Menurut pemeriksaan dokter agar kondisi pasien bisa lebih baik kembali harus segera dilakukan cangkok hati dan tentunya langkah ini membutuhkan dana yang lumayan tinggi.

Dengan berita ini kami selaku team jurnalis SIKAT mengajak saudara – saudara semua untuk membantu meringankan beban saudara kita yaitu keluarga ananda Abidzar Al Ghifari, dengan memberikan bantuan dana agar proses cangkok hati dapat segera dilakukan.

No. Rekening Peduli Kasih Ananda Abidzar Al Ghifari : Bank Mandiri 1560000421505 a/n GUNANTORO. Untuk konfirmasi saudaraku  dapat menghubungi langsung bapak Gunantoro di nomor HP. 08569825781 / 085215652352.

 

Tabrakan, Terjatuh dan Terlindas Truk Hingga Tewas Di Tempat

20150605_184608[1]

Korban tewas di tempat

Gunung Putri –  Bogor, Kejadian terjadi sekitar jam 18.30 wib di jalan raya Citeureup – Gunung Putri dekat kawasan Indocement tepatnya gang LDII kampung Prihatin.

Kronologis menurut saksi di TKP mengatakan korban yang saat itu melintas dari arah Gunung Putri berboncengan diketahui korban adiknya yang mengendarai motor dan kakaknya (Tia – 25 tahun) yang dibonceng tanpa menggunakan helm, melaju ke arah Citeureup. Tepatnya di depan gang LDII – Kp. Prihatin, motor korban tanpa bisa dikendalikan menabrak mobil pickup yang sedang menyeberang dari gang LDII ke gang seberang jalan.

Tabrakan pun terjadi korban yang di bonceng terjatuh ke arah kanan dan dari arah berlawanan melintas truk dan terlindas. Korban dipastikan meninggal di TKP sementara adiknya masih selamat dengan kondisi luka berat pada bagian lutut kaki sebelah kiri.

Sumber berita dan kebetulan anggota jajaran Sikat Polresta Bekasi (Sikat 122.41) yang saat itu melintas di TKP menyampaikan, kejadian langsung diinformasikan ke mitra Kamtibmas wilayah Bogor (JKU Polmas Polres Bogor). Dan bantuan ambulance dari rumah sakit terdekat juga ambulance dari Unit Laka Polsek Gunung Putri datang dan korban langsung di evakuasi ke rumah sakit terdekat.

Petualangan Jajaran SIKAT Di Pantai Samudera Baru – Karawang

IMG-20150602-WA0005[1]

Jajaran SIKAT di Pantai Samudera Baru – Karawang

SIKAT – Bekasi, Berkumpulnya anggota dalam suatu organisasi tidak selalu harus dalam agenda resmi seperti rapat koordinasi, rapat akhir tahun dan sebagainya. Hal ini terlihat pada salah satu organisasi masyarakat  sebagai mitra Polri khususnya kabupaten dan Kota Bekasi yaitu Jajaran SIKAT (System Informasi Kamtibmas Terpadu) Polresta Bekasi (Selasa, 02/06), mengadakan acara sillaturahmi yang dipelopori oleh jajaran 67 dari wilayah Lemah Abang.

Lokasi yang dijadikan tempat berkumpulnya jajaran yaitu Pantai Samudera Baru  yang  berada di Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, berjarak sekitar 30 Km dari pusat Kota Karawang. Sebagaimana kebanyakan pantai pesisir utara Jawa, Pantai Samudera Baru memiliki pantai berpasir kecoklatan dengan ombak yang jinak, sehingga bisa berenang di pantai.

Kegiatan jajaran SIKAT ini diikuti kurang lebih 50 personil dengan gabungan dari jajaran masing – masing wilayah dan profesinya. Diantaranya jajaran 12, 50, 52, 890, 801, 67, 68 dan masih banyal lagi. Callsign 12011 bapak Heri Ubur menyampaikan…”bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ajang mengumpulkan jajaran Sikat Polresta Bekasi sekaligus  refreshing setelah melakukan rutinitas sehari – hari baik dalam tugas pekerjaannya maupun tugas lain sebagai Mitra Polri”.

Seluruh jajaran yang tergabung berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan di ikuti seluruh jajaran SIKAT Polresta Bekasi berikut keluarganya.  Semoga dari kegiatan ini pengurus Sikat dapat membuat program untuk kedepannya untuk mempertemukan anggota dalam kegiatan liburan dan hiburan.  Bravo SIKAT..!!

122.41

MEMULAI DARI HAL KECIL
OLEH : IR. H. SUTOPOH, MM
Perasaan dan keinginan yang tergesa-gesa merupakan sifat dasar manusia, sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Israa’ : 11

وَيَدْعُ الْإِنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ وَكَانَ الْإِنْسَانُ عَجُولًا (11)

[17:11] Dan manusia mendo’a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo’a untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
Dalam kehidupan kita sehari-hari banyak kita lakukan dengan tergesa-gesa yang akan menghasilkan hasil yang kurang optimal, bahkan sebagian menggapai sesuatu tidak melalui proses yang benar semua dilakukan secara instan, dapat kita lihat dalam keseharian seperti ketika kita sholat, mencari nafkah, ketika bekerja dan sebagainya.

Polisi Selidiki Isu Beras Plastik di Bekasi

pedagang-ngaku-dapat-beras-plastik-dari-pabrik-di-karawang

ilustrasi sumber : google.com

Sumber : Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Isu meresahkan muncul di kawasan Bantergebang, Bekasi. Isu itu menyangkut adanya dugaan beras plastik. Pihak kepolisian segera melakukan penyelidikan.

“Jadi ini belum pasti ya. Kami menunggu hasil lab,” jelas Kanit Reskrim Polsek Bantargebang Iptu Eko Wisnu saat dikonfirmasi, Selasa (19/5/2015).

Pelantikan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Bekasi

IMG-20150519-WA0001

Pelantikan Pengurus & Anggota FKDM Kota Bekasi (19/5)

BEKASI,  Selasa (19 Mei 2015) tepatnya di Gedung Sartika Jl. Veteran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Sekitar jam 09.00 dilakukan pelantikan pengurus baru FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) tingkat kota, kecamatan dan kelurahan se-kota Bekasi untuk periode 2015 – 2020. Satu hari sebelumnya (Senin, 18/5) sudah ditetapkan pengurus FKDM tingkat kota hingga kelurahan periode 2015 – 2020 dalam rapat kerja dan terpilih sebagi Ketua FKDM Kota Bekasi yaitu bapak Dedi Hidayat.

“Pengawalan Pemakaman Jenazah”, Salah Satu Kegiatan Sosial Jajaran Sikat

Jajaran SIKAT, Pengawalan pemakaman

SIKAT – Bekasi, “SIKAT” Sistem Informasi Kamtibmas Terpadu yang dinaungi kepolisian Resort Bekasi semakin exist dalam hal menjalankan tugas – tugasnya membantu kepolisian sebagai mitra dan membantu masyarakat sebagai tujuan utama untuk menjaga lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

Seperti halnya yang dilakukan oleh jajaran Sikat Polresta Bekasi dari wilayah Serang Baru, tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu (16-17 Mei 2015) tampak membantu dengan sekuat tenaga dalam hal mengurus korban warga yang tersengat listrik sampai ke Rumah Sakit dan pengawalan rombongan menuju ke pemakaman jenazah ke TPU yang ada di kampung Gebang dan Langkap Lancar Serang Baru Bekasi.